Ternyata Ini Penyebabnya dingin Bisa Jadi Alergi

gatal dingin

Udara dingin memang sangat nyaman dirasakan dibandingkan udara panas, namun tanpa kita sadari udara dingin menyebabkan kulit kita menjadi kering dan bisa menjadi alergi yang menimbulkan rasa gatal.

Alergi dingin, juga dikenal sebagai urtikaria dingin, ini adalah jenis alergi yang menyebabkan gatal saat kulit terpapar suhu dingin. Ini adalah kondisi yang relatif tidak umum yang berkisar dari ringan hingga parah dan dapat disertai dengan gejala lain seperti kemerahan, bengkak, dan kesulitan bernapas. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyebab, gejala, dan pilihan pengobatan alergi dingin yang menyebabkan gatal.

Pada dasarnya alergi dingin terjadi ketika kulit bersentuhan dengan suhu dingin, seperti udara dingin, air, atau benda. Ketika ini terjadi, sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan melepaskan histamin dan bahan kimia lainnya, yang dapat menyebabkan gatal-gatal dan gejala lain dari reaksi alergi.

Berikut ini adalah gejala umum alergi dingin:

  • Gatal: Gejala alergi dingin yang paling umum adalah gatal, yang dapat terjadi di bagian tubuh mana saja yang terpapar suhu dingin. Gatal bisa berkisar dari ringan hingga parah dan bisa disertai kemerahan dan bengkak.
  • Gatal-gatal: Gatal-gatal, juga dikenal sebagai bilur, timbul, merah, dan benjolan gatal yang dapat muncul di mana saja di tubuh. Mereka mungkin muncul segera setelah terpapar suhu dingin dan dapat bertahan selama beberapa jam.
  • Pembengkakan: Alergi dingin dapat menyebabkan pembengkakan di wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan, yang bisa berbahaya jika mengganggu pernapasan.
  • Kesulitan bernafas: Dalam kasus yang parah, alergi dingin dapat menyebabkan kesulitan bernafas, yang dapat menjadi keadaan darurat yang mengancam jiwa.

Alergi dingin dapat didiagnosa oleh dokter melalui tes kulit atau tes darah. Perawatan untuk alergi dingin mungkin termasuk antihistamin, dekongestan, atau kortikosteroid, yang dapat membantu mengurangi rasa gatal, bengkak, dan gejala lainnya. Dalam kasus yang parah, suntikan epinefrin mungkin diperlukan untuk mengobati reaksi yang parah.

Penting juga untuk menghindari paparan suhu dingin sebanyak mungkin untuk mengurangi risiko gejala alergi dingin. Ini mungkin termasuk mengenakan pakaian hangat, menghindari minuman dan makanan dingin, dan mandi air hangat daripada mandi air dingin.

Kesimpulannya, alergi dingin merupakan salah satu jenis alergi yang dapat menimbulkan rasa gatal dan gejala lainnya saat kulit terpapar suhu dingin. Meskipun tidak nyaman, biasanya dapat diatasi dengan perawatan yang tepat bisa dengan mengoleskan cream gatal terlebih dahulu seperti menggunakan dermagic cream. Jika Anda menduga bahwa Anda memiliki alergi dingin, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan rencana perawatan yang tepat.

Refrensi 

https://rsud.sawahluntokota.go.id/alergi-dingin-penyebab-gejala-diagnosis-cara-mengobati-pencegahan/ 

https://www.honestdocs.id/obat-alergi-gatal-pada-kulit-akibat-makanan-dingin-dll 


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *