Mudah & Cepat! Begini 4 Cara Menghilangkan Panu Pada Kulit

sumber: kilat.com

Panu menjadi momok tersendiri apabila muncul pada permukaan kulit terutama pada wajah. Kehadirannya begitu meresahkan dan membuat tampil kurang percaya diri. Walaupun demikian, tak perlu khawatir sebab kini terdapat cara menghilangkan panu dengan mudah. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan panu adalah sebagai berikut.

1. Gunakan Salep Gatal Jamur

Jika pada permukaan kulit terdapat panu ringan, maka dapat diatasi dengan cara menggunakan salep gatal antijamur, krim, dan lotion antijamur. Beberapa salep tersebut dapat dengan mudah ditemukan di apotek.

Adapun salah satu contoh salep tersebut adalah Dermagic. Berbagai kandungan di dalamnya mulai dari bidara, binahong, aloe vera, pegagan, niacinamide, dan lavender terbukti mampu mengurangi rasa gatal dan menghambat pertumbuhan bakteri, jamur, dan virus. Selain itu, niacinamide yang terkandung dalam Dermagic dapat mencerahkan dan memudarkan bekas luka akibat gatal.

2. Jaga Pola Hidup

sumber: medcom.id

Cara menghilangkan panu berikutnya adalah dengan menjaga pola hidup sehari-hari. Tak hanya cukup dengan obat, panu juga dapat diatasi dengan menjaga dan merawat kebersihan kulit.

Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari produk skincare yang dapat membuat kulit berminyak. Selain itu, kurangi paparan sinar matahari agar tidak memperburuk ruam pada kulit akibat panu.

3. Oleskan Minyak Esensial

sumber: alodokter.com

Minyak esensial atau essential oil merupakan minyak hasil ekstraksi dan penyulingan dari berbagai macam tanaman. Minyak tersebut mengandung berbagai jenis senyawa kimia yang bersifat sebagai antijamur atau antimikroba yang artinya dapat membasmi masalah panu pada kulit.

Adapun contoh minyak esensial antara lain eucalyptus, geranium, citronella, serai, oregano, minyak cengkeh, peppermint, dan lain-lain. Untuk menggunakannya, cukup olesi panu dengan minyak esensial setiap hari.

4. Gunakan Bawang Putih

sumber: alodokter.com

Bawang putih menjadi bahan natural yang berfungsi sebagai antibakteri untuk melawan panu. Bukan hanya itu, bawang putih juga memiliki kandungan antijamur dan antioksidan yang terbilang cukup tinggi.

Untuk menggunakannya sebagai pembasmi panu dapat dilakukan dengan membelahnya menjadi 2 bagian. Kemudian, gosokkan bawang putih pada panu sekitar 5 menit dan lakukan sebanyak 2 kali sehari.

Itulah ulasan mengenai 4 cara menghilangkan panu pada kulit. Jika kulit terkena panu, jangan khawatir karena penanganannya terbilang cukup mudah serta dapat dilakukan di rumah.

Sumber:

https://id-theasianparent-com.cdn.ampproject.org/v/s/id.theasianparent.com/cara-menghilangkan-panu/amp?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#aoh=16710059551338&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fid.theasianparent.com%2Fcara-menghilangkan-panu

https://health.kompas.com/read/2020/06/22/140000068/4-cara-menghilangkan-panu-dengan-obat-dan-secara-alami?page=all&jxconn=1*14vplow*other_jxampid*bzQtQzltODRZX0Fpd3FxbTZpS2N0SDdZeEpJRVZiaVAyVnF3bUhzLVJnYXRxMnB4aTRyNGkycVBYeWl3dGRTSA..#page2

https://www.alodokter.com/cara-mengatasi-kulit-kering-dan-gatal

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *